September 23, 2023 | Stakingai

JitoSol: Staking Derivative Berbasis MEV Pertama di Solana

Halo SOLdier! Artikel Solana Indonesia kembali lagi pada edisi terbaru di minggu ini dengan proyek JitoSOL yang masuk dalam kategori Solana liquid staking derivative. Pengguna dapat melakukan exchange token SOL dengan JitoSOL. Sebagai imbalannya, holders dapat memperthankan likuiditas SOL dan berbagai peluang di DeFi sekaligus mendapatkan rewards dari staking. JitoSOL secara unik memberikan holder rewards tambahan dari revenue transaksi yang terkait dengan MEV extraction di Solana.

Pengguna memiliki fleksibilitas untuk mint JitoSOL dengan token lain di DEX seperti Jupiter. Website Jito juga menyediakan no-slippage withdrawal untuk SOL setelah periode tunggu selama 2–3 hari.

Yield token diperoleh dari harganya, bukan dari distribusi yang sedang berlangsung. Sebagai contoh, pada saat peluncuran, 1 JitoSOL = 1 SOL. Saat reward diperoleh, JitoSOL akan mengapresiasi vs. SOL (misalnya 1,05 SOL per JitoSOL). Apresiasi harga menjamin semua pemegang JitoSOL akan menerima yield terlepas dari bagaimana token tersebut disimpan. Selain itu, token dapat memperoleh nilai ekstra dari reward MEV.

Maximum extractable value (MEV) merupakan peluang keuntungan yang dapat diatribusikan pada order eksekusi sebuah transaksi. Misalnya, pada platform swap di Orca dapat menurunkan harga pool di bawah Raydium atau Serum. Trader akan berlomba untuk mendapatkan keuntungan dari perbedaan harga tersebut dan arbitrase ini dianggap MEV.

Contoh lainnya, akun besar di Solend mungkin hampir dilikuidasi. Bot akan bersaing untuk melikuidasi akun tersebut secepatnya. Keuntungan likuidasi ini adalah bentuk lain dari MEV.

Jito Foundation dibuat untuk meminimalkan dampak negatif MEV, mendistribusikan keuntungan secara adil dan meningkatkan transparansi. Jito meluncurkan klien validator secara open source yang dirancang untuk menciptakan pasar kompetitif dalam MEV extraction. Klien mengaktifkan lelang dalam setiap blok untuk mendapatkan peluang mendapatkan MEV blok tersebut. Trader selanjutnya mengajukan penawaran, dan penawar tertinggi dalam setiap blok dapat memperoleh MEV yang tersedia.

JitoSOL Yield = Staking Rewards + MEV Rewards

Liquid staking derivatives biasanya menghasilkan yield dari reward staking. Jaringan mengeluarkan SOL baru yang beredar di validator untuk mengamankan jaringan. Struktur JitoSOL secara unik memberikan hasil ekstra dari transaksi MEV. Dengan klien validator Jito, trader dapat berpartisipasi dalam lelang untuk mendapatkan keuntungan dari MEV. Tawaran yang menang nantinya didistribusikan ke validator dan stakeholder sebagai reward atas akses ke transaksi MEV. Reward MEV pada awalnya tidak terlalu besar, namun seiring berjalannya waktu dapat menjadi sumber yield tambahan yang signifikan.

Reward MEV memberikan cukup banyak keuntungan. Karena reward didasarkan pada jumlah lelang yang dijamin, JitoSOL tidak memiliki eksposur terhadap risiko seputar trading MEV. Staking rewards memberikan base yield dengan MEV, yang pada akhirnya nanti memberikan keuntungan maksimal bagi para trader.

Integrasi DeFi dan Likuiditas
Liquid staking token memperoleh utilitas dari DeFi composability. JitoSOL memiliki beberapa partner, termasuk Orca whirlpool dan lending pool Solend. Untuk trading, JitoSOL dapat diakses di Jupiter yang menyediakan eksekusi terbaik antara JitoSOL dan token SPL umum lainnya tanpa biaya tambahan.

Share:

Payment Method

We Support
Major Cryptocurrencies

BTC

ETH

USDT

BNB

USDC

DOGE

TRX

BCH

LTC